Diserang Drone AS, Pentolan al-Qaeda Yaman Tewas

Rabu, 15 April 2015 - 13:37 WIB
Diserang Drone AS, Pentolan al-Qaeda Yaman Tewas
Diserang Drone AS, Pentolan al-Qaeda Yaman Tewas
A A A
MUKALLA - Sebuah serangan pesawat tak berawak atau drone milik Amerika Serikat (AS) di dekat Al-Mukalla, Yaman, menewaskan seorang pentolan al-Qaeda Yaman. Petinggi al-Qaeda yang tewas itu adalah Ibrahim al-Rubeish, 35, warga Arab Saudi.

Rubeish tercatat pernah ditahan selama lima tahun di penjara milter AS di Teluk Guantanamo. Kelompok al-Qaedan Yaman atau dikenal sebagai al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) telah mengkonfirmasi kematian salah satu pemimpin mereka di Twitter.

“ Rubeish tewas pada hari Senin oleh serangan yang penuh kebencian,” bunyi pernyataan AQAP, yang membebarkan, bahwa Rubeish tewas di dekat Al-Mukalla, sebuah kota di pantai selatan Yaman.

Sejak tahun 2009, Rubeish menjadi sosok penting di kelompok AQAP. Dia pernah berpidato untuk Anwar al-Awlaki, ulama Amerika yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak pada tahun 2011.

Menurut pernyataan AQAP, Rubeish menghabiskan hampir dua dekade sebagai militan al-Qaeda. ”Dia berjuang melawan Amerika dan agen-agennya,” lanjut pernyataan AQAP, yang diterjemahkan situs kelompok intelijen SITE, Rabu (15/4/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6922 seconds (0.1#10.140)