ISIS Kalah Perang, Irak Rebut Kota Lahir Saddam Hussein

Rabu, 01 April 2015 - 11:01 WIB
ISIS Kalah Perang, Irak Rebut Kota Lahir Saddam Hussein
ISIS Kalah Perang, Irak Rebut Kota Lahir Saddam Hussein
A A A
TIKRIT - ISIS mengalami kelalahan telak dalam perang melawan pasukan Irak selama 48 jam terakhir di Tikrit. Pasukan Irak kini berhasil merebut kembali wilayah Tikrit, kota lahir Saddam Hussein, yang sebelumnya diduduki ISIS.

Pasukan Irak telah mengibarkan bendera negara mereka di pusat Kota Tikrit sebagai simbol telah dibebaskannya kota itu dari kelompok Islamic of State Iraq and Syria (ISIS).

Upaya merebut Tikrit dari tangan ISIS sudah dimulai militer Irak sejak 2 Maret 2015 lalu. Tikrit merupakan kota strategis dan kota simbolis yang penting bagi Irak.

Keberhasilan pasukan Irak dalam merebut Tikrit sekaligus jadi kemenangan terbesar Irak dalam melawan ISIS sampai saat ini. Sebelum Tikrit direbut kembali oleh Irak, ISIS telah membuat banyak kerusakan di kota itu.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi secara resmi mengumumkan pembebasan Tikrit dari ISIS. “(Kami) mengucapkan selamat kepada pasukan keamanan Irak dan relawan di tonggak bersejarah,” tulis Abadi di akun Twitter-nya, seperti dilansir Mail Online, Rabu (1/4/2015).

Kemenangan Irak itu juga disampaikan juru bicara Abadi, Rafid Jaboori.“Pasukan Irak mencapai pusat Tikrit, mengibarkan bendera Irak dan kini membersihkan kota,” katanya.

Sampai saat ini belum ada informasi resmi terkait jumlah orang yang tewas dalam perang antara pasukan Irak dan militan ISIS di Tikrit.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4277 seconds (0.1#10.140)