Austria: Pengiriman Senjata Akan Perburuk Situasi di Ukraina

Senin, 09 Februari 2015 - 22:49 WIB
Austria: Pengiriman...
Austria: Pengiriman Senjata Akan Perburuk Situasi di Ukraina
A A A
BRUSSELS - Nada penolakan terhadap rencana Amerika Serikat (AS) untuk mengirimkan senjata ke Ukraina terus bermunculan. Setelah Prancis, Jerman, dan Inggris, kini Austria turut menolak rencana AS tersebut.

Sama halnya dengan negara lain yang menolak, Menteri Luar Negeri Austria Sebastian Kurz menyatakan, pengiriman senjata tidak akan memperbaiki situasi, justru hal itu akan semakin memperburuk kondisi di Ukaina timur.

"Pengiriman senjata oleh AS jelas akan menyebabkan eskalasi lebih lanjut di Ukraina, dan oleh karena itu kami dengan tegas menolaknya," ucap Kurz dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik, Senin (9/2/2015).

Dirinya menegaskan, saat ini saja sudah sekitar 5.000 orang tewas akibat konflik yang terjadi di Ukraina timur. Kurz juga menyebut, lebih dari satu juta orang kehilangan rumah mereka akibat pertempuran tersebut.
"Kita harus memikirkan sebuah tujuan jangkan pendek, yaitu gencatan senjata di Ukraina timur," Kurz menambahkan.

Presiden AS, Barack Obama sendiri saat ini dikabarkan mulai ragu untuk memberikan senjata ke Ukarina. Keraguan Obama muncul karena munculnya nada-nada protes dari beberapa sekutu dekat mereka terkait hal ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0558 seconds (0.1#10.140)