Rusia dan AS Bantu Pencarian Korban Kapal Oryong

Rabu, 03 Desember 2014 - 19:53 WIB
Rusia dan AS Bantu Pencarian...
Rusia dan AS Bantu Pencarian Korban Kapal Oryong
A A A
JAKARTA - Pencarian korban kapal ikan Oryong 501 milik Korea Selatan (Korsel) yang tenggelam awal pekan ini, masih terus dilakukan di wilayah perairan Bering, Rusia. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu), Michael Tene, ada 35 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di kapal nahas itu.

Tene, pada Rabu (3/12/2014), menyatakan, belum ada perkembangan berarti dalam proses pencarian korban kapal tersebut. Hingga kini, baru delapan ABK, dari total 60 ABK yang berhasil diselematkan. Tiga dari delapan ABK tersebut adalah WNI.

Kabar terkini menyebutkan, tim penyelamat kembali berhasil menemukan dua orang korban, namun dalam keadaan tidak bernyawa. "Ditemukan dua jenazah dalam proses pencarian semenjak kemarin, salah satunya diduga adalah ABK asal Indonesia," ucap Tene saat menemui awak media di komplek Kemlu di Jakarta.

Dirinya juga mengatakan, dalam pencarian tersebut tim pencari dari Rusia mendapat bantuan dari pemerintah Amerika Serikat (AS), yang mengirimkan tim penjaga pantai mereka, dan juga dari pemerintah Korsel, selaku negara asal kapal nahas tersebut.

Kemlu sendiri, melalui perwakilan Indonesia di Rusia, sedang berusaha untuk mencapai kota terdekat dari lokasi kecelakaan tersebut, yang berjalan 10 jam perjalanan udara dari Moskow.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4765 seconds (0.1#10.140)