Lakukan Blunder, Bos Paspampres Obama Mundur

Kamis, 02 Oktober 2014 - 08:54 WIB
Lakukan Blunder, Bos Paspampres Obama Mundur
Lakukan Blunder, Bos Paspampres Obama Mundur
A A A
WASHINGTON - Julia Pierson, direktur Dinas Rahasia yang mengawal Presiden Barack Obama atau biasa disebut Paspampres Amerika Serikat (AS) mengundurkan diri.

Langkah Julia itu menyusul serangkaian blunder atau penyimpangan yang dilakukan Paspampres saat menjaga Obama dan kediamannya di Gedung Putih.

Setidaknya tiga blunder dialami Dinas Rahasia AS. Pertama, pada September 2014, pria bersenjata berhasil menyusup dan satu lift dengan Obama. Kedua, penyusup bersenjata melompati pagar Gedung Putih dan menuju kediaman Obama. Ketiga, pada November 2011 Gedung Putih pernah diberondong tujuh peluru tapi Dinas Rahasia AS tidak menyadarinya. (Baca: Paspampres Kecolongan, Obama dan Pria Bersenjata Satu Lift)

”Hari ini, Julia Pierson, Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat, mengajukan pengunduran dirinya, dan saya menerimanya," kata Menteri Keamanan Dalam Negeri, Jeh Johnson, dalam sebuah pernyataan.

Johnson lantas menunjuk Joseph Clancy untuk menggantikan Julia untuk sementara. Selain tiga kasus yang membahayakan Obama dan keluarganya itu, oknum Dinas Rahasia AS pernah tersandung skandal prostitusi. (Baca juga: Ada Putri Obama, Gedung Putih Diberondong 7 Peluru)

Johnson mengatakan, sebuah panel independen akan ditunjuk untuk menyelidiki insiden pada 19 September 2014, yakni soal pria bersenjata yang melompati pagar Gedung Putih dan menuju kediaman Obama.

Si penyusup Gedung Putih, Omar Gonzalez, seperti dikutip Reuters, Kamis (2/10/2014), mengaku tidak bersalah dalam persidangan yang digelar Rabu waktu AS.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest mengatakan, Presiden Obama telah dibuat sadar dengan laporan keteledoran Dinas Rahasia yang membahayakan jiwanya serta keluarganya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5477 seconds (0.1#10.140)