Dikira Pesawat Ukraina, Ini Pengakuan Penembak MH17

Jum'at, 18 Juli 2014 - 15:17 WIB
Dikira Pesawat Ukraina, Ini Pengakuan Penembak MH17
Dikira Pesawat Ukraina, Ini Pengakuan Penembak MH17
A A A
DONETSK - Seorang pimpinan separatis pro-Rusia di Ukraina timur sempat membuat pengakuan, bahwa dia menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17. Pelaku mengira pesawat yang ditembak itu adalah pesawat militer Ukraina.

Klaim sesaat itu ditulis seorang pimpinan separatis pro-Rusia, Igor Girkin, dalam VKontakte, media sosial terbesar di Rusia. Di akun jejaring sosialnya itulah, Girkin yang menggunakan nama alias Strelkov menuliskan pengakuannya.

“Di sekitar Torez, kami menembak jatuh pesawat. Kami telah memperingatkan agar jangan terbang di wilayah udara kami. Kami punya video untuk mengkonfirmasi itu. Burung itu jatuh di atas tumpukan sampah. Tidak ada korban sipil yang terluka, permukiman tidak terkena,” tulis Girkin.

Dia mengira pesawat yang ditembak adalah pesawat militer Ukraina, seperti saat dia menembak pesawat Ukraina AN-26. Namun, Girkin buru-buru menghapus pengakuan di media sosial itu, setelah mengetahui pesawat yang jatuh adalah pesawat penumpang MH17.

Pihak separatis pro-Rusia membantah telah menembak pesawat MH17 yang menewaskan 298 orang, kemarin. Andrei Purgin, Wakil Pertama Perdana Menteri Republik Rakyat Donetsk, mentakan kepada Interfax, bahwa separatis tidak memiliki senjata yang bisa menembak jatuh sebuah pesawat terbang pada ketinggian 10.000 meter.

Klaim sesaat Girkin itu tidak bisa diverifikasi secara independen. Sementara itu, kantor berita Itar-Tass, Jumat (18/7/2014) menulis sebuah kejanggalan terkait tragedi pesawat MH17 di Ukraina timur kemarin.Kejanggalan itu adalah, adanya dua pesawat jet tempur yang mengikuti pesawat MH17 tiga menit sebelum pesawat MH17 jatuh.

Sumber laporan itu berasal dari tweet petugas Lalu Lintas Udara Spanyol, yang melaporkan dari Bandara Borispol, Kiev. Menurut Layanan Lalu Lintas Udara Spanyol dua pesawat jet tempur Ukraina telah terlihat di dekat pesawat MH17, hanya tiga menit sebelum pesawat MH17 menghilang dari pantauan radar.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)
pixels