Pemimpin BRICS Desak Gencatan Senjata di Gaza

Rabu, 16 Juli 2014 - 16:29 WIB
Pemimpin BRICS Desak Gencatan Senjata di Gaza
Pemimpin BRICS Desak Gencatan Senjata di Gaza
A A A
FORTALEZA - Para pemimpin negara BRICS atau akronim dari lima negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi sangat pesat, mendesak gencatan senjata di Gaza. Kelima negara itu adalah Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.

Melansir Itar-tas, Rabu (16/7/2014) para pemimpin negara BRICS meminta kepada Israel dan Palestina untuk melanjutkan perundingan yang mengarah pada pembentukan negara Palestina yang layak. Sebuah negara yang dapat hidup berdampingan dengan Israel.

"Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memberikan kontribusi yang komprehensif, adil dan abadi dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel atas dasar kerangka hukum internasional yang diakui secara universal. Termasuk di dalamnya resolusi PBB yang relevan, Prinsip Madrid dan Inisiatif Perdamaian Arab,” ungkap para pemimpin BRICS melalui pernyataan bersama.

“Kami percaya, penyelesaian konflik antara Israel dan Palestina adalah komponen fundamental untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan di Timur Tengah,” pernyataan itu menambahkan.

Mereka juga menentang pembangunan berkelanjutan dan perluasan permukiman Yahdui di wilayah Palestina. “Pendudukan oleh Pemerintah Israel adalah pelanggaran hukum internasional yang serius dan dapat merusak upaya perdamaian kedua negara,” ucap para pemimpin BRICS.

Para pemimpin negara itu juga mendesak Israel untuk menghormati batas-batas antar kedua negara yang disepakati bersama dan diakui secara internasional berdasarkan pada perjanjian 4 Juni 1967, dengan Yarusalem timur sebagai ibukota Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)