Nyatakan Diri Ateis, Pria Nigeria Dianggap Gila

Rabu, 25 Juni 2014 - 12:40 WIB
Nyatakan Diri Ateis, Pria Nigeria Dianggap Gila
Nyatakan Diri Ateis, Pria Nigeria Dianggap Gila
A A A
KANO - Mubarak Bala, 29, seorang pria Nigeria telah dikirim ke rumah sakit jiwa, di negara bagian Kano setelah ia menyatakan diri sebagai ateis atau tidak percaya pada Tuhan. Hal itu diungkap kelompok peduli kemanusiaan di Nigeria.

Mubarak telah dipaksa oleh para kerabatnya yang beragama Islam agar berobat ke dokter karena dianggap sakit jiwa atau gila. Namun, pihak dokter menyatakan Mubarak dalam kondisi sehat dan normal.

Kelompok peduli kemanusiaan International Humanist and Ethical Union (IHEU) mengatakan, bahwa mereka telah meminta pengacara menangani kasus yang dialami Mubarak.

Kano adalah sebuah wilayah negara bagian yang mayoritas penduduknya Muslim. Wilayah itu juga mengadopsi hukum syariah pada tahun 2000.

Menurut IHEU ketika Mubarak mengatakan kepada kerabatnya, bahwa dia tidak percaya pada Tuhan, mereka meminta dokter memeriksanya karena dia dianggap sakit jiwa.

Meskipun Mubarak mengaku tidak enak badan, dokter kedua yang diminta memeriksa pria itu menegaskan, ateisme hanya berefek pada perubahan kepribadian. Pria lulusan teknik kimia itu dipaksa masuk rumah sakit jiwa. Tapi dia bisa berhubungan dengan aktivis dengan telepon yang dia selundupkan.

“Kelompok kami prihatin dengan memburuk kondisi ini. Kami menyerukan agar dia keluarkan (dari rumah sakit jiwa),” kata juru bicara IHEU, Bob Churchill, seperti dikutip BBC semalam (24/6/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5809 seconds (0.1#10.140)