Pentolan al-Qaeda Buronan AS Ditangkap di Filipina

Rabu, 11 Juni 2014 - 16:25 WIB
Pentolan al-Qaeda Buronan AS Ditangkap di Filipina
Pentolan al-Qaeda Buronan AS Ditangkap di Filipina
A A A
MANILA - Pasukan Keamanan Filipina, pada Rabu (11/6/2014) menangkap tokoh urutan atas kelompok al-Qaeda yang selama ini diburu Amerika Serikat (AS).

Khair Mundos, petinggi al-Qaeda yang diburu AS karena terlibat penculikan warga negara-negara Barat, juga dikenal ahli pembuat bom.
AS memuji keberhasilan Filipina. Mereka menilai ditangkapkan Mundos sebagai pukulan besar bagi al-Qaeda.

Kepala intelijen militer Filipina, Mayor Jenderal Eduardo Ano, mengatakan Mundos selain ahli pembuat bom juga merupakan pemimpin spiritual dari faksi Abu Sayyaf.

”Ini adalah pukulan besar bagi organisasi mereka,” kata Ano kepada wartawan. ”Mereka kehilangan salah satu pemimpin mereka dan mereka sekarang merasa tidak aman. Kami akan mencoba untuk mendapatkan mereka satu demi satu, kita tidak akan berhenti,” katanya lagi, seperti dikutip Reuters.

AS telah menawarkan hadiah USD500 ribu untuk penangkapan Mundos. Filipina juga menawarkan 5 juta peso untuk siapa pun yang berhasil menangkap Mundos setelah dia melarikan diri dari penjara pada tahun 2007.

Mundos melarikan diri dari Filipina selatan, dan telah bersembunyi selama berbulan-bulan dengan kerabatnya di Manila, pinggiran Paranaque City.Tentara dan polisi kemudian menyerbu tempat persembunyiannya dan berhasil menangkap Mundos pagi tadi.

Pasukan keamanan menyita empat senjata dan materi pelatihan yang digunakan kelompok Jemaah Islamiah Indonesia. ”Kami akhirnya menemukannya,” kata Benjamin Magalong, kepala polisi kelompok investigasi kriminal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7083 seconds (0.1#10.140)