Ingin Enteng Jodoh, Jadilah Guru di Finlandia

Rabu, 21 Mei 2014 - 19:50 WIB
Ingin Enteng Jodoh, Jadilah Guru di Finlandia
Ingin Enteng Jodoh, Jadilah Guru di Finlandia
A A A
JAKARTA- Fakta menarik terjadi di Finlandia, di mana profesi guru menjadi dambaan bagi seseorang yang ingin mencari jodoh. Hal itu, bukan hal aneh di negara itu, sebab, guru menjadi profesi berkelas tinggi yang disejajarkan dengan dokter dan pengacara.

Fakta itu disampaikan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer, saat ditemui Sindonews di Jakarta, Rabu (21/5/2014). Menurutnya, jika warga Finlandia ingin enteng jodoh, maka jadilah guru. Namun, untuk menjadi guru di sana bukan hal mudah, karena seleksinya sangat ketat.

Menurut Sauer, profesi guru di negaranya bisa menaikkan derajat seseorang. "Fakta itu memang sedikit menggelikan, tapi itulah yang terjadi di Finlandia. Menjadi seorang guru akan mempermudah Anda mendapatkan jodoh,” ungkap Sauer, saat menghadiri seminar pendidikan internsional yang diadakan Universitas Tampere di Hotel Pullman, Jakarta.

Menurut dia, pemuda di Finlandia saat ini berlomba-lomba untuk menjadi tenaga pengajar. Hal ini bukan hanya karena bisa meningkatkan nilai jual mereka terhadap pasangannya, namum gaji guru di sana cukup menggiurkan.

“Gaji seorang guru di sana cukup besar, lebih besar dibangdingkan gaji standar petugas pemerintahan lainya,” kata Sauer yang enggan menyebut nominal gaji guru di Finlandia.Seminar itu merupakan rangkaian dari proses kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Finlandia, yang puncaknya pada Oktober nanti ketika Menteri Pendidikan Finlandia mengunjungi Jakarta.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5667 seconds (0.1#10.140)