Lika-liku PM Cantik Sanna Marin: Pesta Liar, Bawa Finlandia ke NATO, Cerai dengan Suami

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:39 WIB
loading...
Lika-liku PM Cantik Sanna Marin: Pesta Liar, Bawa Finlandia ke NATO, Cerai dengan Suami
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin gugat cerai suaminya. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin, yang akan meninggalkan jabatannya setelah kalah dalam pemilihan umum, mengumumkan pada hari Rabu bahwa dia telah mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya.

“Kami telah mengajukan gugatan cerai bersama. Kami berterima kasih atas 19 tahun bersama,” kata Marin, yang dikenal sebagai PM cantik dan PM termuda di dunia, seperti dikutip AFP, Kamis (11/5/2023).

Marin menambahkan bahwa dia masih berteman baik dengan pasangannya Markus Raikkonen, yang membagikan pengumuman gugatan cerai itu di profil Instagramnya.

Pasangan itu memiliki seorang putri berusia lima tahun dan Marin berkata: "kami akan terus menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga."



Pada pemilu April, Partai Sosial Demokrat pimpinan Marin jatuh ke tempat ketiga dengan meraih 43 kursi di Parlemen beranggotakan 200 orang. Posisi partai itu di belakang Koalisi Nasional yang konservatif dengan 48 kursi dan Partai Finlandia yang anti-imigrasi dengan 46 kursi.

Koalisi Nasional saat ini sedang bernegosiasi untuk membentuk pemerintahan dengan Partai Finlandia.

Marin yang sekarang berusia 37 tahun menjadi kepala pemerintahan terpilih termuda di dunia pada tahun 2019, menjalankan koalisi kiri-tengah dengan lima pemimpin partai perempuan, empat di antaranya di bawah usia 35 tahun.

Dari mengarahkan negaranya bergabung dengan NATO hingga berita utama tentang pesta liarnya, Marin adalah perdana menteri paling populer di Finlandia dalam beberapa dekade, tetapi tetap terbukti sebagai sosok yang mempolarisasi.

Popularitasnya memuncak selama pandemi Covid-19, membangun reputasinya sebagai pemimpin krisis yang tak tergoyahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)