Tegang dengan Barat, Rusia Jajal Rudal Antarbenua

Rabu, 21 Mei 2014 - 17:25 WIB
Tegang dengan Barat,...
Tegang dengan Barat, Rusia Jajal Rudal Antarbenua
A A A
MOSKOW – Pemerintah Rusia mengklaim telah sukses menguji coba rudal balistik antarbenua. Uji coba itu dilakukan, ketika Rusia bersitegang dengan negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat sebagai imbas krisis Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, uji coba rudal balistik antarbenua berlangsung Selasa kemarin. Rudal antarbenua yang diuji coba adalah rudal RS - 12M Topol ICBM. Uji coba dilakukan di dekat Laut Kaspia pukul 09.08 waktu Moskow.

Rudal itu menghantam target di wilayah sewaan Rusia di Kazakhstan. “Tujuan dari peluncuran ini adalah untuk menguji hulu ledak calon rudal balistik antarbenua,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Yegorov, seperti dikutip Interfax, Rabu (21/5/2014).

Rudal jenis itu, menurut Yegorov, juga pernah diuji coba Rusia pada Desember 2013 dan Maret 2014. Jangkauan rudal itu bisa mencapai 10 ribu km. Uji coba sebelumnya diawasi langsung oleh Presiden Vladimir Putin.

Meskipun pihak Kremlin tidak menyinggung uji coba itu terkait ketegangan dengan negara-negara Barat, namun, mereka tidak bisa menepis hal itu. Terlebih, ketegangan Rusia dengan negara-negara Barat terus memanas, sejak Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0674 seconds (0.1#10.140)