Beda Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia

Rabu, 21 Mei 2014 - 11:05 WIB
Beda Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia
Beda Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia
A A A
JAKARTA-Kedutaan Besar Finlandia di Indonesia, memfasiltasi seminar Edukasi Internasional yang digelar Universitas Tampere, Finlandia, Rabu (21/5/2014). Dalam seminar itu diungkap perbedaan mencolok sistem pendidikan di Indonesia dengan di Finlandia.

Menurut perwakilan dari Kota Tampere, yang juga seorang guru di kota itu, Riitta Juusenaho, mengatakan anak-anak di Finlandia sudah mengetahui ketika mereka berusia enam tahun dengan sendirinya dan tanpa paksaan mereka meminta untuk masuk sekolah.

“Tidak ada buku teks, tidak ada pekerejaan rumah di sistem pendidikan kami. Kami menganut sistem belajar dari sekitar, tidak akan ada yang tertinggal, karena semua orang belajar dan mengajari orang lain, mereka saling berbagi,” kata Juusenaho.

Hal itu berbeda dengan sistem pendidikan Indonesia yang masih mewajibkan penggunaan buku teks dan pekerjaan rumah yang terkadang membuat para siswa terbebani oleh banyaknya pekerjaan rumah yang harus mereka kerjakan.

Di Finlandia sendiri, lanjut dia, profesi guru menjadi salah satu profesi favorit para anak muda di sana. Menurut Juusenaho, sistem pendidikan di Finlandia membuat setiap tingkatan pendidikan lebih ringan dan menyenangkan, karena setiap tingkatan memiliki cara belajar masing-masing.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3486 seconds (0.1#10.140)