Terungkap, sindikat lain perdagangan manusia di Indonesia

Kamis, 24 April 2014 - 20:43 WIB
Terungkap, sindikat lain perdagangan manusia di Indonesia
Terungkap, sindikat lain perdagangan manusia di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Indonesia kembali diguncang kasus perdangan manusia. Kali ini salah satu korbannya masih di bawah umur. Dari penangkapan sindikat perdangan anak yang dipimpin seorang WNI bernama panggilan Ina, terungkap pula jaringan sindikat lainnya.
"Selain sindikat Ina, kita menemukan sindikat lain yang wilayah operasinya berada di daerah Kendal," ungkap wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, ketika bertemu awak media, Kamis (24/4/2014) di Komplek Kementerian Luar Negeri.
Tetapi menurut Hermono, sindikat baru ini belum sebesar sindikat Ina. Namun, pihak KBRI dan polisi Malaysia akan menyelidiki apakah kedua sindikat ini memiliki hubungan atau tidak.
Sindikat Ina sendiri bisa terbongkar karena kegigihan ibu salah seorang korban, yang melaporkan kepada Migrant Care dan Polri, bahwa anaknya pergi dari rumah dan dibawa ke Malaysia untuk dipekerjakan sebagai pekerja spa plus-plus.
Salah seorang korban berinisial K (18) mengaku, saat dirinya berhasil kabur dari tempat spa tersebut, ia tertipu kembali oleh seorang warga Malaysia yang mengaku pekerja imigrasi.
"Saat berhasil kabur, K ditipu oleh seorang warga Malaysia yang mengaku sebagai pekerja imigrasi. Dia di bawa ke hotel, kemudian "dikerjai"," ungkap atase polisi KBRI Malaysia, Aby Nurseyanto.
Dia menambahkan, untungnya korban memiliki kontak telepon Nurseyanto. "Korban langsung menghubungi saya dan segera kita cari untuk dievakuasi," Nurseyanto menambahkan.
Menurut Nurseyanto, saat ini warga Malaysia yang mengaku sebagai pekerja imigrasi tersebut sudah berhasil di tangkap dan sedang diperiksa oleh polisi setempat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7117 seconds (0.1#10.140)