Drone Korut ditemukan, keamanan Korsel diperketat

Kamis, 03 April 2014 - 20:22 WIB
Drone Korut ditemukan,...
Drone Korut ditemukan, keamanan Korsel diperketat
A A A
Sindonews.com – Keamanan Korea Selatan (Korsel) semakin diperketat, terlebih pengamanan untuk Presiden Park Geun-hye. Langkah ini diambil setelah dua drone yang diyakini milik Korea Utara (Korut) ditemukan di wilayah Korsel.

Seperti dilansir Chanel News Asia, puluhan foto berhasil diambil dari kedua drone tersebut, termasuk foto istana kepresidenan Korsel. Ketika drone pertama ditemukan pada 24 Maret lalu, pemerintah Korsel belum mengambil tindakan apapun.

Namun, ketika penemuan drone kedua yang jatuh di pulau Baekryong pada hari yang sama, pemerintah Korsel langsung meningkatkan keamanan di wilayah udara mereka. Terlebih, drone tersebut ditemukan tidak lama setelah kedua negara terlibat baku tembak di lepas pantai barat Korea.

"Militer kami sadar, bahwa Korut telah memiliki drone, tapi tidak berpikir mereka akan menggunakannya. Hal ini mengkhawatirkan, ketika militer kami tidak siap mengantisipasi hal ini," ungkap Yang Wook, seorang peneliti di Forum Pertahanan dan Keamanan Korea.

Kementerian Pertahanan Korsel sendiri tidak tinggal diam dan langsung mengadakan rapat mendadak untuk membahas bagaimana drone tersebut bisa masuk ke wilayah Korsel tanpa terdeteksi.

“Kami tidak memiliki sistem radar untuk mendeteksi drone kecil. Ini adalah kesalahan kami, tapi ini adalah sesuatu yang baru dan kami mulai mempersiapkan diri Kami untuk memperkuat pertahanan udara kami,” ungkap Kim Min Seok, juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)