Indonesia kian populer di Bulgaria

Kamis, 02 Januari 2014 - 10:23 WIB
Indonesia kian populer di Bulgaria
Indonesia kian populer di Bulgaria
A A A
Sindonews.com – Sebuah survei yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia, Bulgaria, menunjukkan, bahwa Indonesia semakin populer di kalangan masyarakat negara itu.

”Indonesia semakin popular di Bulgaria. Hal ini, antara lain berkat dukungan dan kerjasama ‘Friends of Indonesia’ dalam promosi Indonesia di Bulgaria,” kata Dubes RI untuk Sofia, Bunyan Saptomo, dalam sambutan menyongsong pergantian Tahun Baru 2014.

Mengutip laman resmi Kemlu RI, Kamis (2/1/2014), komentar Dubes Bunyan tersebut, sejatinya merujuk dari hasil survei yang dilakukan KBRI Sofia akhir tahun ini. Responden dalam survei itu, sebagian besar dari kalangan mahasiswa Bulgaria.

Kegiatan perayaan Tahun Baru 2014, digelar di Wisma Duta. Beberapa kalangan yang memeriahkan acara itu, antara lain, para staf KBRI Sofia dan kerabatnya, masyarakat Indonesia di Sofia, serta komunitas ‘Friends of Indonesia’ yang terdiri dari anggota grup tari Pesona Mawar Nusantara (PMN), dan anggota Klub Nusantara.

Menurut Bunyan, perayaan Tahun Baru 2014 spesial. Sebab, selain diramaikan atraksi Tari Tenun, tetapi ada aksi grup gamelan KBRI yang membawakan musik bertema “Bulgantara (Bulgaria-Nusantara)”.

Kedua paket seni tersebut dipersiapkan dalam waktu singkat (sekitar 2-3 minggu) dengan pelatih I Nyoman Chaya, dosen ISI Surakarta yang ditugaskan melatih tari di KBRI Sofia selama empat bulan.

Sedangkan Tari Tenun disuguhkan anggota grup tari Pesona Mawar Nusantara (PMN) yang sebagian besar dibawakan oleh pelajar Bulgaria. Kemudian, untuk musik gamelan dibawakan oleh staf KBRI dan keluarga serta beberapa pelajar Bulgaria.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8603 seconds (0.1#10.140)
pixels