Hormat Ala Nazi Guncang Parlemen Uni Eropa

Kamis, 17 Februari 2022 - 21:32 WIB
loading...
Hormat Ala Nazi Guncang Parlemen Uni Eropa
Seorang anggota parlemen nasionalis dari Bulgaria dituduh melakukan penghormatan ala Nazi di dalam ruang debat parlemen Uni Eropa (UE) di Strasbourg, Prancis pada Rabu (16/2/2022). Foto/Russia Today
A A A
STRASBOURG - Seorang anggota parlemen nasionalis dari Bulgaria dituduh melakukan penghormatan ala Nazi di dalam ruang debat parlemen Uni Eropa (UE) di Strasbourg, Prancis pada Rabu (16/2/2022). Itu dilakukannya setelah menyampaikankeberatannya atas keputusan baru-baru ini oleh pengadilan tinggi Uni Eropa untuk mengizinkan pemotongan dana ke Polandia dan Hongaria. Namun dia mengklaim insiden itu adalah "kesalahpahaman."

Saat meninggalkan ruangan, Angel Dzhambazki dari partai VMRO Bulgaria berhenti sejenak, berbalik, menghadap podium pembicara dan mengulurkan tangan kanannya dengan cara yang mirip dengan salam Nazi.

Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola mengecam tindakan itu di Twitter.



"Itu menyinggung saya dan semua orang di Eropa," tulisnya. "Gerakan itu berasal dari bab tergelap dalam sejarah kita dan harus ditinggalkan di sana," sambungnya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (17/2/2022).

Menteri Urusan Eropa Prancis, Clement Beaune, menyebut perilaku Dzhambazki sebagai "skandal dan keterlaluan."

Insiden itu terjadi ketika anggota parlemen bereaksi terhadap Pengadilan Eropa, yang mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa Brussels dapat memotong dana ke Polandia dan Hongaria. Kedua negara dengan pemerintahan konservatif itu telah dituduh oleh UE melanggar aturan hukum di dalam negeri.

Dalam pidato di mimbar pidato dan kemudian dalam komentar online, Dzhambazki menolak keputusan itu sebagai “kekejian.”

Baca juga: Dilarang di Sekolah AS, Novel Holocaust Ini Jadi Bestseller Amazon Nomor 1

"Tidak ada orang waras yang berpikir bahwa Hungaria dan Polandia tidak memiliki aturan hukum yang berfungsi," cuitnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2883 seconds (10.177#12.26)