Korsel kecam sikap kasar Korut

Jum'at, 27 Desember 2013 - 08:00 WIB
Korsel kecam sikap kasar...
Korsel kecam sikap kasar Korut
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (26/12/2013), mengecam Korea Utara (Korut) karena telah menyebarkan kuesioner "kasar" yang isinya mendesak Presiden Korsel Park Geun-Hye memilih antara perdamaian atau konfrontasi.

Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, ketidakstabilan tumbuh di dalam dan sekitar semenanjung Korea karena Pyongyang bersikap "tidak etis dan tidak rasional".

"Korut harus ingat, bahwa pemerintah kita dan masyarakat internasional yang menonton dan menilai bagaimana berperilaku," kata Kementerian Unifikasi Korsel, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, kuesioner yang dilayangkan Korut itu sangat "kurang ajar". "Kami percaya, kuesioner kasar dari Korea Utara mungkin merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari kebingungan internal mereka," lanjut pernyataan itu.

Pernyataan Kementerian Unifikasi Korsel itu muncul satu hari setelah sebuah badan pemerintah Korut yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea mengeluarkan angket terbuka yang ditujukan kepada Presiden Korsel melalui kantor berita resmi Korut, KCNA.

"Keyakinan atau konfrontasi?" tanya kuesioner dari Sekretariat Komite Utara untuk Reunifikasi Damai Korea. Komite ini menggambarkan Geun-hye sebagai “antek” Amerika Serikat (AS) yang telah membuat tegang hubungan lintas perbatasan dengan kebijakan konfrontasi.

"Park Geun-Hye tidak boleh lupa tragedi ayahnya, yang berakhir dengan kematian memalukan setelah kehilangan kepercayaan publik. Sekarang saatnya untuk membuat pilihan yang tepat," sebut pernyataan komite itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2047 seconds (0.1#10.140)