Kampus-kampus di Bulgaria gandrungi Bahasa Indonesia

Sabtu, 21 Desember 2013 - 22:22 WIB
Kampus-kampus di Bulgaria gandrungi Bahasa Indonesia
Kampus-kampus di Bulgaria gandrungi Bahasa Indonesia
A A A
Sindonews.com – Bahasa Indonesia menjadi kurikulum yang dikagumi para mahasiswa di sejumlah universitas di Bulgaria. Di Universitas Sofia, peminat Bahasa Indonesia meningkat dari tahun ke tahun.

”Bahasa Indonesia juga perlu diajarkan di Universitas Veliko Tarnovo, sebagaimana bahasa Jepang, China, dan Korea yang telah menjadi kurikulum di universitas tersebut,” kata Gubernur Veliko Tarnovo, Georgi Rachev, saat bertemu Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Bunyan Saptomo, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Sabtu (21/12/2013).

Salah satu alasan Bahasa Indonesia diminati para mahasiswa di negara itu, karena menganggap Indonesia sebagai negara besar, dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Dubes Saptomo mencontohkan, di Universitas Sofia telah mempunyai Kelas Bahasa Indonesia dengan jumla mahasiswa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

”Pada saat ini KBRI Sofia sedang dalam proses mendirikan Indonesian Corner di universitas tersebut, yang akan dilengkapi dengan buku-buku mengenai Indonesia, guna dapat dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa Universita Sofia,” ujar Saptomo.

Sementara itu, dalam pertemuan lainnya dengan Walikota Veliko Tarnovo, Daniel Panov, dibahas juga usul seorang pengusaha Veliko Tarnovo untuk mendirikan pusat informasi dan bisnis Indonesia serta ASEAN.
Di pusat tersebut, nantinya akan disediakan mengenai informasi kebudayaan, pariwisata, dan produk-produk Indonesia untuk keperluan masyarakat Veliko Tarnovo yang membutuhkannya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5451 seconds (0.1#10.140)