Ritual kaum Muslim Syiah di Pakistan diserang, 8 orang tewas

Sabtu, 16 November 2013 - 10:07 WIB
Ritual kaum Muslim Syiah di Pakistan diserang, 8 orang tewas
Ritual kaum Muslim Syiah di Pakistan diserang, 8 orang tewas
A A A
Sindonews.com – Sedikitnya delapan orang tewas, ketika pria bersenjata menembaki sebuah prosesi keagamaan Muslim Syiah di Kota Rawalpindi, Pakistan. Para pejabat setempat mengatakan, insiden terbaru itu menandai gejolak konflik sektarian di negara itu.

Selain menewaskan delapan orang, lebih dari 30 lainnya terluka dalam serangan yang terjadi Jumat petang itu. Insiden bermula, ketika sekelompok orang menyerang sebuah masjid dan sebuah sekolah agama di Bazar, di kota itu.


Reuters, pada Sabtu (16/11/2013) melaporkan, serangan terjadi ketika para kaum Muslim Syiah, menjalankan ritual berkabung tahunan untuk Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad. Ritual itu rutin digelar saban 10 Muharram.

Seorang saksi mata mengatakan, sekelompok orang mendatangi para kaum Muslim Syiah dengan menembakkan peluru ke udara. Sekelompok orang itu juga meneriakkan slogan provokatif berisi ancaman untuk melawan para peserta ritual duka itu.

Bentrokan pecah ketika salah seorang dari kelompok bersenjata menembar atap bangunan di sekitar masjid. Bentrokan meluas hingga ke pasar kain di dekat masjid. Sejumlah toko kain di pasar itu dibakar. Saluran televisi lokal menayangkan gambar asap tebal muncul dari pasar saat insiden terjadi.

Pejabat polisi Pakistan, Afzal Hussain, mengatakan polisi berusaha menghentikan bentrokan itu. “Namun petugas terluka terkena lemparan batu saat dua kubu massa bentrok,” ujarnya. Kota Rawalpindi sejatinya tidak terlalu jauh dari markas tentara Pakistan. Namun, upaya pencegahan bentrokan itu tidak berjalan maksimal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)