Perahu karam di Yunani, 12 migran tewas

Jum'at, 15 November 2013 - 18:02 WIB
Perahu karam di Yunani,...
Perahu karam di Yunani, 12 migran tewas
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 12 migran, termasuk di antaranya, empat anak tewas, setelah perahu karet yang mereka tumpangi tenggelam di lepas pantai Lefkada, dekat pulau Yunani Barat. Demikian pernyataan otorits pelabuhan setempat.

Kementerian Kelautan Yunani, mengatakan insiden itu terjadi Jumat (15/11/2013) pagi , di lepas pantai Lefkada, sebuah pulau di Laut Ionia. Para migran yang menumpang perahu itu diduga tengah dalam perjalanan menuju Italia.

”Kami bingung, bagaimana kecelakaan ini bisa terjadi. Karena kondisi cuaca di daerah, sangat baik pagi ini. Apalag kejadiannya di dekat pantai,” kata Costas Aravani, Walikota Lefkada kepada Skai TV.

Yunani merupakan salah satu pelabuhan utama atau pintu masuk ke Uni Eropa bagi para migran dan pengungsi yang melarikan diri negara-negara yang dilanda perang dan miskin. Kebanyakan para migran berasal dari Afrika, Timur Tengah dan anak benua India.

Menurutnya, gelombang pengungsi telah meningkat selama tahun lalu. Karena perang saudara tengah berlangsung di Suriah. Perjalanan para migran melalui laut, juga meningkat tajam, karena ada pengwasan yang ketat di darat oleh petugas perbatasan Yunani dan Turki.

Kebijakan imigrasi Eropa kini telah mendapat sorotan tajam, setelah lebih dari 400 pencari suaka tenggelam pada bulan Oktober 2013 lalu di pulau Lampedusa, Italia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)