Pemimpin Jepang & China bertemu, tapi tak bahas sengketa pulau

Selasa, 08 Oktober 2013 - 01:33 WIB
Pemimpin Jepang & China...
Pemimpin Jepang & China bertemu, tapi tak bahas sengketa pulau
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping berjabat tanganselama pertemuan puncak regional APEC di Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013). Tapi, keduanya tak membahas tentang sengketa pulau teritorial.

Seperti dilaporkan Reuters, hubungan dua negara besar di Asia itu telah terganggu selama berbulan-bulan akibat sengketa kepulauan di Laut China Timur yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China.

Selain itu, kedua negara juga masih berselisih pendapat atas perilaku masing-masing pihak selama Perang Dunia II. Sebelumnya, Abe dan Jinping juga pernah bertemu dan berjabat tangan di KTT G20 di Kota St Petersburg, Rusia, pada September silam.

Tomohiko Taniguchi, seorang anggota dewan untuk sekretariat kabinet di kantor Abe menyatakan, PM Jepang terbuka untuk pembicaraan dengan Beijing, tapi akan menghindari pembahasan sengketa kepulauan tak berpenghuni itu.

"Hanya ada satu bidang masalah yang cukup sulit bagi Jepang untuk membahasnya dan itu adalah masalah pulau-pulau," kata Taniguchi. "Jika kita sepakat untuk membahas masalah ini, itu akan sama saja dengan menyetujui adanya masalah kedaulatan," lanjutnya.

Langkah Pemeirntah Jepang yang membeli tiga pulau dari pihak swasta telah memicu protes besar China dan pemboikotan barang-barang Jepang di China. Amerika Serikat, yang memiliki kehadiran militer besar dan kuat di Jepang, termasuk di pulau selatan Okinawa, dekat dengan kepulauan yang disengketakan, telah menyatakan keprihatinan tentang sengketa ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)