Kuntit penculik, polisi Meksiko bebaskan 73 sandera

Selasa, 01 Oktober 2013 - 10:37 WIB
Kuntit penculik, polisi Meksiko bebaskan 73 sandera
Kuntit penculik, polisi Meksiko bebaskan 73 sandera
A A A
Sindonews.com- Sebanyak 73 orang yang diduga kuat sebagai korban penculikan, telah diselamatkan polisi Meksiko di wilayah Meksiko utara, kemarin. Penyelamatan 73 orang itu, bermula dari aksi polisi yang menguntit seorang penculik ke sebuah rumah.

Mengutip laporan Reuters, Selasa (1/10/2013), ke-73 korban penculikan itu terdiri dari 37 warga Meksiko, 19 warga Honduras, 14 warga Guatemala, dan tiga warga El Salvador.

”Di antara korban adalah perempuan dan anak di bawah umur . Beberapa di antaranya melaporkan telah mengalami pelecehan seksual,” bunyi pernyataan polisi Meksiko.

Polisi menahan tiga tersangka, yang diyakini terlibat penculikan para korban. Mereka rata-rata diculik saat berada di bus atau terminal bus. Beberapa korban telah ditahan sampai empat bulan. “Sementara, penculik menuntut tebusan dari keluarga mereka,” lanjut pernyataan polisi.

Polisi juga menyita senjata dan obat-obatan yang ditemukan di rumah penyekapan para sandera. Hampir 700 butir peluru, granat tangan dan hampir 10 ribu kilogram yang diyakini sebagai ganja telah disita.

Berita penyelamatan para sander penculikan muncul di tengah kecemasan publik atas rasa tidak aman tinggal di Meksiko, dan maraknya pelanggaran hukum.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Badan statistik Nasional Meksiko atau INEGI, terungkap bahwa ada bulan Maret dan April sebanyak 72,3 persen warga Meksiko (orang dewasa) mengatakan, bahwa mereka merasa tidak aman tinggal di negaranya sendiri.

Presiden Enrique Pena Nieto yang menjabat pada bulan Desember 2012 lalu, berjanji untuk mengurangi kasus kekerasan, yang melonjak di era pendahulunya, Felipe Calderon .
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6089 seconds (0.1#10.140)