Perancis kian yakin rezim Assad gunakan senjata kimia

Selasa, 17 September 2013 - 04:24 WIB
Perancis kian yakin rezim Assad gunakan senjata kimia
Perancis kian yakin rezim Assad gunakan senjata kimia
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius, mengatakan pada Senin (16/9/2013), bahwa laporan PBB membuktikan kalau rezim Presiden Bashar al-Assad berada di balik serangan senjata kimia mematikan pada 21 Agustus lalu di pinggiran Damaskus.

"Isi dari laporan ini memberatkan dan menegaskan penggunaan besar-besaran gas sarin pada 21 Agustus," kata Fabius di radio RTL. Meski begitu, sebenarnya laporan tersebut tak menyebut siapa dalang di balik serangan senjata kimia itu.

"Ketika Anda melihat data soal jumlah gas beracun yang digunakan, kompleksitas campuran, itu semua tidak meninggalkan keraguan tentang asal-usul serangan dan memperkuat posisi mereka yang mengatakan rezim itu bersalah,” lanjut Fabius.

Pernyataan ini dikeluarkan Fabius, setelah Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, bahwa tim penyidik PBB telah menemukan bukti tak terbantahkan dari penggunaan senjata kimia di Suriah.

"Atas dasar bukti yang diperoleh selama penyelidikan insiden Ghouta, kesimpulannya adalah, bahwa senjata kimia telah digunakan dalam konflik yang berkepanjangan antara pihak-pihak di Suriah. Senjata kimia itu juga digunakan terhadap warga sipil, termasuk anak-anak, dalam skala relatif besar," kata Ki-moon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.7096 seconds (0.1#10.140)