Abbas bertemu utusan AS untuk bahas perundingan putaran II

Senin, 12 Agustus 2013 - 06:45 WIB
Abbas bertemu utusan...
Abbas bertemu utusan AS untuk bahas perundingan putaran II
A A A
Sindonews.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk perdamaian Timur Tengah, Martin Indyk, bertemu di Ramallah pada Minggu, (11/8/2013).

Pertemuan keduanya untuk mempersiapkan putaran kedua perundingan damai antara Israel dan Palestina yang dijadwalkan akan digelar di Yerusalem pada Rabu (14/8/2013). Demikian dilaporkan kantor berita Palestina, Wafa.

"Indyk meyakinkan Presiden Abbas soal komitmen Presiden Barack Obama dan pemerintah AS dalam mengerahkan upaya guna mendukung proses pembicaraan yang disepakati berlangsung selama sembilan bulan,” sebut laporan Wafa.

Sementara itu, sumber di dalam Pemerintahan Palestina, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Xinhua, bahwa putaran kedua pembicaraan damai akan diselenggarakan di Yerusalem dan putaran ketiga akan diselenggarakan di Kota Jericho, Tepi Barat.

Sumber itu menambahkan, bahwa di sela-sela putaran kedua dan ketiga, wakil Israel dan Palestina akan mengadakan pertemuan sekunder, yang juga akan disponsori oleh AS.

Masih menurut sumber itu, Kepala perunding Palestina Saeb Erekat dan Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni akan menuju tim negosiasi kedua, di mana Indyk juga dijadwalkan untuk hadir.

Sumber itu menambahkan, Abbas telah mengatakan kepada Indyk, bahwa masalah pembangunan permukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur "akan merusak prinsip solusi dua-negara dan upaya AS untuk menghidupkan kembali proses perdamaian."
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)