China desak Jepang hilangkan hambatan hubungan bilateral

Rabu, 10 Juli 2013 - 21:55 WIB
China desak Jepang hilangkan hambatan hubungan bilateral
China desak Jepang hilangkan hambatan hubungan bilateral
A A A
Sindonews.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, pada Rabu (10/7/2013) mendesak Pemerintah Jepang untuk melakukan upaya guna menghilangkan hambatan dalam perkembangan hubungan bilateral dua negara.

Chunying membuat pernyataan itu ketika diminta untuk mengomentari pernyataan terbaru Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang mengkritik China telah menutup "semua pintu" bagi dialog, karena "menetapkan prasyarat".

"Adalah salah untuk menutup semua pintu hanya karena terjadi masalah. Adalah salah untuk menolak pertemuan puncak, karena pihak lain tidak menerima permintaan," kata Abe kala itu.

Namun, kritikan Abe itu dibantah Chunying. Menurutnya, Pemerintah China berkomitmen untuk menyelesaikan masalah melalui dialog dan pintu dialog selalu terbuka.

“Titik perselisihan saat ini adalah, bahwa pihak Jepang telah menolak untuk menghadapi masalah serius terhadap hubungan bilateral dan menghindari negosiasi serius dan konsultasi dengan China,” lanjut Chunying, seperti dikutip dari Xinhua.

“Pihak Jepang harus mengambil sikap yang tepat dan menghadapi masalah,” tambahnya. Chunying juga mendesak Jepang untuk tidak mengabaikan perbedaan antara kedua belah pihak, dengan menggunakan slogan kosong tentang apa yang disebut "dialog."
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7719 seconds (0.1#10.140)
pixels