Pasukan penjaga perdamaian PBB di Golan dipersenjatai senapan mesin

Jum'at, 28 Juni 2013 - 15:38 WIB
Pasukan penjaga perdamaian PBB di Golan dipersenjatai senapan mesin
Pasukan penjaga perdamaian PBB di Golan dipersenjatai senapan mesin
A A A
Sindonews.com - Dewan Keamanan (DK) PBB memutuskan untuk mempersenjatai pasukan Penjaga Perdamaian PBB yang bertugas di Dataran Tinggi Golan (UNDOF) dengan senapan mesin, Kamis (28/6/2013).

Dalam resolusi baru DK PBB itu, tidak ditetapkan langkah-langkah yang harus dijalani UNDOF. Sejumlah diplomat hanya mengatakan, bahwa UNDOF yang sebelumnya hanya mendapat senjata ringan, ke depannya akan mendapatkan senjata mesin, pelindung tubuh ekstra, dan kendaraan lapis baja.

DK PBB menekankan perlunya meningkatkan keamanan dan keselamatan pasukan UNDOF dan mendukung keputusan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk meningkatkan kemampuan pertahanan diri dari UNDOF.

Selain itu, DK PBB juga mengeluarkan sebuah resolusi untuk memperpanjang mandat pasukan UNDOF hingga akhir tahun, serta meminta Pemerintah Suriah dan pejuang oposisi untuk tidak masuk ke zona gencatan senjata yang dijaga oleh pasukan UNDOF yang telah memantau gencatan senjata selama tiga dekade.

Keputusan itu merupakan dampak atas meningkatnya situasi keamanan di zona gencatan senjata Suriah-Israel, sebagai dampak perang Suriah. Sejak Maret lalu, tercatat sudah 3 kali pasukan UNDPF diculik, sementara dua pasukan UNDOF terluka karena ditembak pemberontak yang menyerang tentara Suriah.

Situasi di wilayah itu memang mulai tidak aman. Pertempuran antara tentara dengan pemberontak Suriah sesekali terjadi di wilayah tersebut. Akibatnya, pemerintah Austria, Jepang dan Kroasia memutusakan untuk menarik pasukan mereka yang bergabung dengan pasukan UNDOF.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)