PBB: Pasukan keamanan Mali menahan anak-anak

Selasa, 18 Juni 2013 - 02:21 WIB
PBB: Pasukan keamanan Mali menahan anak-anak
PBB: Pasukan keamanan Mali menahan anak-anak
A A A
Sindonews.com – Pasukan keamanan Mali telah menahan anak-anak yang dituduh bekerja sama dengan kelompok-kelompok militan. Demikian dinyatakan oleh Perwakilan Khusus PBB untuk anak-anak dalam konflik, Leila Zerrougui, Senin (17/6/2013).

Zerrougui menyerukan tekanan internasional terhadap pemerintah Mali untuk menghentikan penahanan dan penggunaan tentara di bawah umur dalam konflik di negara itu.

"Kami terus menerima informasi mengkhawatirkan soal anak-anak yang ditahan oleh pasukan keamanan Mali karena diduga memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok bersenjata," kata Zerrougui dalam rapat khusus Dewan Keamanan PBB terhadap anak di daerah konflik yang diselenggarakan oleh Inggris.

Dia mengatakan, ada juga anak-anak yang bersembunyi di komunitas mereka karena takut ditangkap akibat berhubungan dengan kelompok-kelompok bersenjata. Sebagian anak-anak itu diyakini memerlukan pengobatan.

"Saya menyerukan kepada Pemerintah Mali untuk mengobati anak-anak sesuai dengan standar internasional," kata Zerrougui. Ia menambahkan, tuduhan bahwa rumah sakit dan sekolah telah diserang dan anak-anak tewas dan diperkosa selama konflik, juga harus diselidiki.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Mali telah banyak mendapat tuduhan pelanggaran hak asasi manusia. Mali sendiri telah berada dalam kekacauan selama lebih dari satu tahun, setelah militan Islam mengambil alih bagian utara negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)