Orang tertua di dunia meninggal di usia 116 tahun

Rabu, 12 Juni 2013 - 12:44 WIB
Orang tertua di dunia meninggal di usia 116 tahun
Orang tertua di dunia meninggal di usia 116 tahun
A A A
Sindonews.com - Jiroemon Kimura, orang tertua di dunia asal Jepang meninggal di usia 116 tahun. Demikian pernyataan pejabat di Jepang pada Rabu(12/6/2013).

Seorang pejabat di Kota Kyoto Kyotango, mengatakan, Jiroemon Kimura yang lahir pada tahun 1897, meninggal di rumah sakit Rabu pagi. Kimura, yang berasal dari Kyotango, dirawat di rumah sakit pada awal Mei, karena menderita pneumonia. Beberapa hari yang lalu dokter mencatat bahwa kondisinya memburuk.

Kimura diakui Guinness World Records pada Desember 2012 sebagai orang tertua di dunia, setelah wanita asal Amerika Serikat yang meninggal pada usia 115. Pada bulan itu, ia juga memecahkan rekor lain ketika ia diverifikasi sebagai orang tertua yang pernah hidup, setelah mencapai usia 115 tahun lebih 253 hari.

Sebelum itu, rekor pernah dipegang Jeanne Calment wanita Perancis, yang meninggal pada 1997 pada usia 122. Dengan demikian, Kimura tercatat sebagai orang hidup terpanjang dalam sejarah.

Kimura, yang lahir pada tahun yang sama dengan pelopor penerbangan Amerika, Amelia Earhart, sempat merayakan ulang tahun ke-116 pada bulan April. Ia menerima video rekaman ucapan ulang tahun dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Di usianya seabad lebih, Kimura memiliki tujuh anak dan 14 cucu. Ia pernah bekerja di kantor pos selama sekitar 40 tahun. Setelah pensiun ia menjadi petani hingga usia 90 tahun. Rahasia umur panjang Kimura, salah satunya karena ia tidak merokok dan makan teratur. ”Itu yang membuat hidupnya lama,”kata pejabat setempat, kepada AFP.

Walikota Kyotango akan memberikan penghormatan terakhir di rumah Kimura. Sedangkan balai kota akan menyiapkan tempat khusus untuk belansungkawa. ”Saya mendengar besok lusa akan dimakamkan,” ujar pejabat tersebut.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5636 seconds (0.1#10.140)