Rusia kekeuh kirim rudal anti pesawat ke Suriah

Rabu, 29 Mei 2013 - 15:39 WIB
Rusia kekeuh kirim rudal anti pesawat ke Suriah
Rusia kekeuh kirim rudal anti pesawat ke Suriah
A A A
Sindonews.com - Rusia bersikeras akan mengirimkan rudal anti pesawat ke Suriah, meskipun rencana tersebut mengundang kritik internasional, Selasa (29/5/2013).

Moskow mengatakan, rencana mereka untuk mengirimkan sistem rudal S-300 ke Suriah merupakan bagian dari kontrak yang telah ada. Menurut Pemerintah Rusia, sistem rudal anti pesawat bergerak S-300 itu dirancang untuk mencegat pesawat atau rudal lain, fungsinya sama seprti penempatan rudal patriot NATO yang ditempatkan di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.

"Kami menilai pengiriman ini untuk mencitakan stabiliasi," ungkap Sergei Ryabkov, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia."Dengan ini mereka dapat mencegah terjadinya intervensi asing," imbuh Ryabkov.

Menurutnya, Rusia hanya melakukan bagian dari isi kontrak yang telah ditandatangani dengan Suriah untuk pembelian senjata defensif. Apa yang dilakukan Rusia bertujuan untuk menghormati kontrak yang lama, kebanyakan kesepakatan itu ditandatangani pada era Soviet.

Israel sangat keberatan dengan rencana pengiriman itu. Moshe Yaalon, Menteri Pertahanan Israel lantas memberikan tanggapan atas rencana tersebut. "Pengiriman belum dilakukan dan saya berharap itu itu tidak akan terjadi. Tapi, jika kemalangan tiba di Suriah, kita akan tahu apa yang harus dilakukan," ungkap Yaalon.

Israel lantas memperingatkan, jika Rusia terus jadi merealisasikan rencana tersebut, maka komandan pemberontak Suriah tidak akan tinggal diam dan akan semakin gencar menyerang Hizbullah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7730 seconds (0.1#10.140)