China minta Jepang tak lagi kirim jet tempur ke pulau sengketa

Kamis, 18 April 2013 - 18:14 WIB
China minta Jepang tak...
China minta Jepang tak lagi kirim jet tempur ke pulau sengketa
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China meminta Jepang untuk berhenti mengirim jet tempur yang ditugaskan untuk menghalau pesawat China di atas wilayah udara kepulauan yang disengketakan oleh kedua negara.

Saat ini, China dan Jepang masih terlibat sengketa atas Kepulauan Diayou atau yang dikenal di Jepang sebagai Kepulauan Senkaku. Kepulauan tak berpenghuni yang disengketakan oleh kedua negara itu terletak di Laut China Timur.

"Kita semua tahu, bahwa masalah datang ke Kepulauan Diaoyu, ketika Jepang terus melakukan tindakan provokatif untuk meningkatkan ketegangan. Ini adalah akar penyebab ketegangan yang terjadi atas pulau-pulau tersebut,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying pada konferensi pers harian, Kamis (18/4/2013).

Desakan China ini datang, setelah terjadinya peningkatan frekuensi pengiriman jet tempur Jepang ke wilayah udara kepulauan yang disengketakan. Menurut China, frekuensi pengiriman jet tempur Jepang meningkat dua kali lipat pada 2012 dibanding tahun sebelumnya.

“Jepang harus menunjukkan lebih banyak ketulusan dan mengambil langkah-langkah praktis untuk bekerja keras dengan China guna menemukan cara yang tepat untuk mengelola dan menyelesaikan masalah melalui dialog, pembicaraan, dan konsultasi. Ini akan menjadi yang terbaik bagi kedua negara," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)