Rusia tepis kritikan Georgia soal latihan perang di Laut Hitam

Senin, 01 April 2013 - 21:24 WIB
Rusia tepis kritikan Georgia soal latihan perang di Laut Hitam
Rusia tepis kritikan Georgia soal latihan perang di Laut Hitam
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Rusia menepis kritikan Georgia soal latihan perang skala besar yang digelar Rusia di Laut Hitam. Rusia menyebut kritik Georgia itu sebagai tidak berdasar.

“Negara itu berusaha untuk menutupi kebijakan konfrontatif dengan Moskow dengan memainkan teori soal ancaman Rusia,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich, Senin (1/4/2013), seperti dikutip dari Xinhua.

Pada pertengahan pekan lalu, Presiden Vladimir Putin memerintahkan latihan perang dadakan di wilayah selatan Rusia. Latihan ini dilakukan untuk menguji kesiapan tempur militer Rusia. Sekitar 7.000 tentara diperintahkan dalam kondisi siaga, tanpa peringatan dini.

Latihan perang ini melibatkan sekitar 250 kendaraan tempur, 50 perangkat artileri, 20 pesawat tempur dan helikopter, serta 30 kapal perang dari berbagai kelas. Pada Jumat 29 Maret, Gerogia menggambarkan latihan perang itu sebagai langkah provokatif dan bertentangan dengan kepentingan stabilitas regional.

"Rusia mengelar latihan militer di sekitar wilayah laut dan perbatasan darat Georgia. Namun, pihak berwenang tidak memberikan sedikitpun informasi terkait soal durasi dan lokasi tempat unit militer tersebut melancarkan latihan perang," ungkap Kemenlu Georgia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir ITAR-TASS kantor berita Georgia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)