Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Georgia

Senin, 20 Februari 2023 - 15:03 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Georgia
Prajurit Georgia berdiri di depan kendaraan militer AS pada latihan bersama AS-Georgia Mitra Mulia 2016 di Vaziani, Georgia, 5 Mei 2016. Foto/REUTERS/David Mdzinarishvili
A A A
MOSKOW - Rusia merupakan salah satu negara yang masuk dalam 5 besar militer terkuat di dunia. Melansir data yang ada di laman Global Firepower, Rusia berada di urutan ke-2, di bawah Amerika Serikat (AS).

Peringkat selanjutnya berturut-turut ditempati China, India, dan Inggris. Selain itu, Rusia juga pernah terlibat perang dengan beberapa negara, termasuk dengan Ukraina yang masih berjalan hingga saat ini.

Georgia tercatat sebagai salah satu negara yang pernah terlibat konflik dengan Rusia. Pada tahun 2008, kedua negara terlibat Perang Lima Hari, tepatnya berlangsung pada 7 sampai 12 Agustus 2008.

Perang tersebut pecah di kawasan Abkhazia dan Ossetia. Wilayah tersebut ingin keluar dari Georgia atas bantuan Rusia.



Ketika Rusia memulai invasi ke Ukraina, sejak Februari 2022, wilayah Georgia yang memisahkan diri di Ossetia Selatan turut mengirimkan pasukan ke Ukraina.

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka ikut melindungi Rusia. Pasukan asal Georgia tersebut diketahui membantu Rusia pada hari ke-31 invasi.

Lantas, seperti apa perbandingan kekuatan militer Rusia dan Georgia?

Melansir laman Global Firepower, Rusia merupakan negara besar dengan militer sangat kuat. Negara tersebut memiliki jumlah personel 1,3 juta orang dengan lebih dari 12 ribu tank dan 3 ribu MLRS (Multiple Launch Rocket System).

Selain itu, Rusia juga memiliki alutsista canggih lainnya, seperti kapal patroi (59 unit) dan kapal selam yang berjumlah 70 unit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)