Wilayah Pecahan Georgia Justru Ingin Jadi Bagian dari Rusia, Mengapa?

Minggu, 17 Maret 2024 - 16:50 WIB
loading...
Wilayah Pecahan Georgia Justru Ingin Jadi Bagian dari Rusia, Mengapa?
Wilayah pecahan Georgia memilih bergabung dengan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Ossetia Selatan, wilayah yang memisahkan diri dari Georgia dan menyebut dirinya negara merdeka, telah berdiskusi untuk menjadi bagian dari Rusia dengan para pejabat Moskow.

Rusia mengakui Ossetia Selatan dan wilayah lain yang memisahkan diri, Abkhazia, sebagai negara merdeka pada tahun 2008 setelah pasukan Rusia berhasil menggagalkan upaya Georgia untuk merebut kembali Ossetia Selatan dalam perang lima hari pada tahun 2008. Venezuela, Nikaragua, Nauru, dan Suriah juga mengakui negara-negara tersebut sebagai negara merdeka.

Namun negara-negara Barat menuduh Rusia secara efektif mencaplok Abkhazia dan Ossetia Selatan, seperlima wilayah Georgia, dan Tbilisi menginginkan kedua wilayah tersebut kembali.

“Kami membahas semua masalah ini dalam koordinasi yang erat dengan Rusia, dengan mempertimbangkan hubungan bilateral dan perjanjian kami,” kata Alan Alborov, ketua parlemen Ossetia Selatan, ketika menjawab pertanyaan tentang kemungkinan mengadakan referendum menjadi bagian dari Rusia.

“Ketika kami mencapai ide ini bersama dengan Federasi Rusia (tentang bergabung dengan Federasi Rusia), kami akan mewujudkannya,” kata Alborov mengutip RIA.



Pemimpin Ossetia Selatan yang didukung Rusia, Alan Gagloev, tahun lalu menyatakan harapan bahwa wilayah tersebut dapat secara resmi dimasukkan ke dalam Rusia.

Ossetia Selatan memisahkan diri dari pemerintahan Georgia dalam perang pada tahun 1991-92 yang menewaskan beberapa ribu orang, dan mempertahankan hubungan dekat dengan wilayah tetangga Rusia, Ossetia Utara.

Mayoritas penduduk Ossetia Selatan secara etnis berbeda dari orang Georgia, dan berbicara dalam bahasa mereka sendiri, yang berkaitan dengan bahasa Farsi.

Hampir seluruh penduduk telah menerima paspor Rusia. Mereka menggunakan rubel Rusia sebagai mata uang dan perekonomian bergantung pada Rusia.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)