Uni Eropa sepakati bantuan untuk Palestina

Selasa, 19 Maret 2013 - 23:37 WIB
Uni Eropa sepakati bantuan untuk Palestina
Uni Eropa sepakati bantuan untuk Palestina
A A A
Sindonews.com – Uni Eropa (UE) menandatangani kesepakatan bantuan dengan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad untuk meningkatkan hubungan dan mempromosikan pembangunan ekonomi dengan latar belakang proses perdamaian yang macet dengan Israel, Selasa (19/3/2013).

Kepala urusan Luar Negeri UE, Catherine Ashton mengatakan, bahwa rencana aksi yang disetujui oleh para pemimpin UE itu didasarkan pada komitmen bersama untuk memperdalam hubungan bilateral dan memperkuat kemitraan istimewa UE-Palestina.

“Hubungan itu didasarkan pada komitmen untuk pembangunan ekonomi negara Palestina yang berkelanjutan, konsolidasi fiskal, dan meningkatkan kohesi sosial di seluruh Palestina," ujar Ashton, seperti dikutip dari The Daily Star.

Menurutnya, fokus program ini akan berada di Yerusalem Timur, Jalur Gaza dan di Area C. Saat ini, 60 persen dari wilayah Tepi Barat di bawah kendali Israel. "Ke depan, saya melihat peluang untuk bekerja secara konstruktif dengan semua mitra menuju perubahan yang signifikan di Area C," kata Ashton.

Sementara Fayyad mengatakan, bantuan di Area C adalah sangat penting untuk kelangsungan hidup ekonomi dan politik dari sebuah negara Palestina di masa depan. Ashton dan Fayyad menandatangani kesepakatan pendanaan UE senilai USD7 juta menjelang pertemuan donor Palestina pada Selasa malam untuk mengatasi krisis finansial yang dialami Otoritas Palestina.

Satu hari sebelumnya, Otoritas Palestina mendesak dunia untuk meningkatkan bantuan keuangan dan menekan Israel untuk memungkinkan pembangunan ekonomi.

"Kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menekan Pemerintah Israel untuk melepaskan pendapatan kami dan untuk menyediakan dukungan keuangan yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi dasar dan jasa," kata sebuah laporan Otoritas Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5697 seconds (0.1#10.140)