Uni Eropa Tawarkan Bantuan untuk Pemilu Palestina

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 20:15 WIB
loading...
Uni Eropa Tawarkan Bantuan untuk Pemilu Palestina
Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell. Foto/Anadolu
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) menawarkan bantuan keuangan dan logistik untuk menggelar pemilu Palestina . Tawaran UE itu diungkapkan pejabat Palestina.

Duta Besar (Dubes) Palestina untuk UE Abdul Rahim Al-Farra menyatakan saat wawancara dengan radio Voice of Palestine bahwa Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell menjelaskan pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahwa UE ingin mendukung pemilu itu.

“Selama percakapan telepon, Borrell menekankan kembali sikap UE terhadap isu Palestina dan perlunya berdiri negara Palestina berdasarkan perbatasan 1967 menurut solusi dua negara, serta menolak kesepakatan abad ini yang dicetuskan Amerika Serikat (AS) dan pemukiman Israel,” ujar Al-Farra.

Dia menambahkan bahwa pejabat Eropa itu juga menyatakan dukungan UE untuk menggelar konferensi damai internasional menurut visi Abbas.

Israel semakin agresif dalam memperluas pemukiman ilegal dan merusak bangunan warga Palestina. Otoritas Israel telah menghancurkan lebih dari 500 gedung milik warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak awal 2020. (Baca Juga: Trump Covid-19, Ini Politisi Dunia yang Pernah Terinfeksi Corona)

Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) mengungkapkan data terbaru itu. “Sebanyak 506 gedung dihancurkan oleh pasukan pendudukan Israel di Tepi Barat dengan alasan mereka tidak memiliki izin pembangunan,” papar pernyataan UNOCHA, dilansir Memo. (Baca Infografis: Donald Trump dan Istri Umumkan Positif Covid-19 Lewat Twitter)

Menurut pernyataan resmi, total 134 struktur sejauh ini telah dihancurkan di Yerusalem Timur pada 2020. “Israel menghancurkan 22 gedung selama dua pekan terkahir, mengusir 50 warga Palestina dan mempengaruhi sekitar 200 orang lainnya,” ungkap UNOCHA. (Lihat Video: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Terus Mencari WNI Sandera Abu Sayyaf di Filipina)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)