WNI pekerja ladang sawit di Sabah diungsikan

Senin, 04 Maret 2013 - 17:29 WIB
WNI pekerja ladang sawit di Sabah diungsikan
WNI pekerja ladang sawit di Sabah diungsikan
A A A
Sindonews.com - Sekitar 162 WNI pekerja ladang sawit di Lahad Datu, Sabah, Malaysia telah diungsikan ke kawasan yang terletak sekitar 6 km dari pusat konflik. Seperti dikutip dari situs resmi Kemenlu RI, Senin (4/3/2013), para TKI tersebut akan berada di tempat pengungsian hingga situasi benar-benar aman dan kondusif.

Pemindahaan para WNI ini dikarenakan memanasnya suasana di kawasan Lahad Datu-Sabah, dalam beberapa hari terakhir ini. Penyebab panasnya suasana di daerah itu lantaran timbulnya bentrok antara aparat keamanan Malaysia dengan kelompok bersenjata dari Kesultanan Sulu.

“Tercatat, 162 pekerja di ladang sawit Sahabat 17 telah diungsikan ke kompleks Embara, sekitar 6 km dari tempat kejadian,” jelas Konjen RI di Kota Kinabalu, Soepeno Sahid. Menurutnya, para WNI dalam kondisi aman.

KJRI Kinabalu, jelas Soepeno, terus memantau dan berkomunikasi dengan aparat setempat. Ia menghimbau agar WNI tidak membahayakan diri dan menjadi korban konflik tersebut.

Saat ini, kapal-kapal tidak diperbolehkan merapat dan berlayar di dekat wilayah itu. Para WNI ABK untuk sementara diliburkan dari pekerjaan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5911 seconds (0.1#10.140)