Bom di tengah pasar, 79 warga Pakistan tewas

Minggu, 17 Februari 2013 - 14:04 WIB
Bom di tengah pasar,...
Bom di tengah pasar, 79 warga Pakistan tewas
A A A
Sindonews.com - Sebuah bom meledak di dalam sebuah pasar dan memicu sebuah ledakan besar di Kota Hazara, Sabtu (16/2/2013) sore. Ledakan tersebut menghancurkan gedung pasar, menewaskan puluhan pengunjung dan melukai ratusan orang pengunjung.

Ledakan besar yang berasal dari dalam sebuah tangki yang teletak di tengah pasar yang terletak di pinggiran Quetta, Provinsi Balochistan ini, berada dalam wilayah yang didominasi oleh kelompok Syiah. Ledakan ini menewaskan 79 orang, termasuk wanita dan anak-anak, serta melukai hampir 180 lainnya.

"Kami telah menemukan 79 mayat dari balik puing-puing reruntuhan gedung," ungkap Wazir Khan Nasir, Pejabat polisi senior Quettam seperti dilansir Dawn, Minggu (17/2/2013). "Ledakan besar ini merupakan serangan yang menargetkan komunitas syiah," imbuh Nasir.

Kepala polisi Quetta Zubair Mehmood menuturkan, sebuah tangki air yang terletak dekat pilar-pilar penyangga gedung pasar bertinggkat dua meledak, sekitar pukul 6 sore. Diperkirakan, ada sekitar 800 kg bahan peledak dalam tanggki air tersebut.

"Kami khawatir masih ada pengunjung pasar yang masih terperangkap di balik reuruntuhan. Saat ini, proses evakuasi masih terus berlanjut, tapi kecil kemungkinan kami akan menemukan korban selamat di balik puing-puing reruntuhan," ungkap Mehmood.

Upaya polisi, tim medis, dan sejumlah relawan yang hendak melakukan evakuasi sempat dihadang oleh kerumuman masa. "Mereka marah dan melancarkan aksi protes sambil melempari polisi dengan batu. Namun akhirnya, pemerintah dan tim medis dapat mengatasi masalah ini, kemudian segera memulai evakuasi," ungkap Akbar Hussain Durrani, Sekertaris Provinsi Balochistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0604 seconds (0.1#10.140)