Bulgaria usir delegasi Hamas

Sabtu, 16 Februari 2013 - 00:46 WIB
Bulgaria usir delegasi Hamas
Bulgaria usir delegasi Hamas
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Bulgaria mengusir delegasi Hamas yang mengunjungi negara itu, Jumat (15/2/2013). Delegasi Hamas yang beranggotakan tiga orang dan mewakili Palestinian Legislative Council (PLC) itu tiba di Bulgaria pada Rabu 13 Februari.

"Selama mereka menginap di Bulgaria, kami memperoleh informasi bahwa kehadiran mereka telah menciptakan ancaman serius bagi keamanan nasional Bulgaria,” sebut pernyataan Layanan Keamanan Nasional Bulgaria, seperti dikutip dari Reuters.

Layanan Keamanan Nasional Bulgaria tidak merinci apa yang mereka maksud dengan “ancaman serius”. Mereka hanya menegaskan, pengusiran delegasi Hamas ini adalah "tindakan pencegahan".

Layanan Keamanan Nasional Bulgaria melakukan penjemputan paksa pada tiga anggota delegasi Hamas dari kamar hotel tempat mereka menginap. Tiga anggota delegasi Hamas itu adalah Salah al-Bardaweel, Ismail al-Ashqar, dan Mushir al-Masri. Ketiganya adalah anggota Parlemen Hamas.

Delgasi Hamas ini datang ke Bulgaria atas undangan Pusat Studi Bulgaria untuk Timur Tengah. “Polisi muncul di hotel mereka pada Jumat pagi dan membawa mereka ke bandara,” kata Ketua Pusat Studi Bulgaria untuk Timur Tengah, Mohd Abuasi.

Menurut Abuasi, tindakan Pemerintah Bulgaria ini adalah tekanan dari luar. "Ada tekanan besar pada mereka untuk mengusir delegasi Hamas pergi," kata Abuasi. Ia mengaku sangat menyayangkan terjadinya pengusiran ini. Setelah dideportasi dari Bulgaria, tiga anggota delegasi Hamas itu terbang menuju Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)