Jerman akan kembali kucurkan bantuan bagi Rwanda

Sabtu, 02 Februari 2013 - 02:26 WIB
Jerman akan kembali kucurkan bantuan bagi Rwanda
Jerman akan kembali kucurkan bantuan bagi Rwanda
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Jerman mengaku akan membuka blokir bantuan senilai 7 juta Euro bagi Rwanda, Jumat (1/2/2013). Sebelumnya, bantuan itu sempat dibekukan karena Jerman menganggap Rwanda telah memberikan bantuan pada Pemberontak M23 yang beroperasi di Kongo.

Meski membuka blokir, namun Jerman mengaku akan tetap menekan Rwanda, jika kembali menjalin hubungan dengan pemberontak M23.

"Kami menyadari langkah-langkah yang diambil Rwanda dan ini adalah langkah-langkah yang akan membawa ke arah yang benar. Tetapi, tetap belum sampai ke tahap normal. Kita masih perlu membahas masalah ini dan kami akan terus menekan Rwanda,” ujar seorang Juru Bicara Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, Jerman bergabung dengan Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa yang menyatakan menangguhkan bantuan bagi Rwanda. Sikap ini diambil setelah ahli PBB menyatakan bahwa militer Rwanda melatih pemberontak M23.

Rwanda, yang bergantung pada donor untuk sekitar 40 persen dari yang anggaran belanja negara, telah berulang kali membantah tuduhan itu. “Rwanda senang dukungan ini kembali ke jalur,” ujar Menteri Luar Negeri Rwanda, Louise Mushikiwabo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6053 seconds (0.1#10.140)