Israel: Hamas bisa kudeta Presiden Palestina

Rabu, 02 Januari 2013 - 23:33 WIB
Israel: Hamas bisa kudeta Presiden Palestina
Israel: Hamas bisa kudeta Presiden Palestina
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim, kelompok Hamas di Jalur Gaza bisa menggulingkan kekuasaan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat. Hal itu bisa terjadi saat perdamaian Israel dan Palestina disepakati.

Kepala negara Israel itu mengutip ayat di Kitab Torah yang menyebutkan, "Timbul Raja Baru di Mesir." Netanyahu langsung menyinggung kebangkitan pemerintahan Ikhwanul Muslimin di Mesir dan perguncangan rezim Suriah. Menurutnya, peristiwa itu juga bisa terjadi di Ramallah (Tepi Barat).

"Semua orang tahu bahwa, Hamas bisa merebut Otoritas Palestina. Ini bisa terjadi sesudah atau sebelum perjanjian perdamaian ditandatangani. Sama halnya dengan apa yang terjadi di Gaza," ujar Netanyahu, seperti dikutip AFP, Rabu (2/1/2013).

"Namun, saya rasa proses diplomatik harus terus dijaga secara bertanggung jawab dan tidak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa," paparnya.

Komentar Netanyahu muncul tepat setelah Presiden Shimon Peres menyarankan Israel dan Palestina melanjutkan dialog. Bahkan Peres berpendapat, dialog Israel dan Hamas bukanlah sebuah kesalahan, bila nantinya dialog itu justru memunculkan solusi yang baik.

Jabatan seorang presiden di Negeri Yahudi adalah jabatan simbolis dan pemegang kekuasaan sesungguhnya adalah perdana menteri. Oleh karena itulah, Netanyahu memiliki peranan yang cukup besar dalam dialog Israel dan Palestina.

Kedua pihak yang berseteru itu masih dihebohkan dengan isu pembubaran Otoritas Palestina yang sempat disuarakan Abbas pekan lalu. Abbas mulai pesimistis dengan mekanisme diplomasi dengan Israel akan gagal usai Pemilu Israel 2013.

Abbas pun dengan lantang mengancam akan membubarkan Palestina dan menyerahkannya ke Pemerintah Israel. Meski demikian, sikap Abbas justru direspons salah seorang pejabat Hamas.

Hamas menyarankan agar Abbas menyerahkan kendali Tepi Barat ke Hamas ketimbang Israel. Hamas yakin, penyerahan kekuasan Tepi Barat ke Hamas adalah mekanisme yang terbaik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5954 seconds (0.1#10.140)