Setelah AS, Hong Kong Dilaporkan Siap Uji Klinis Vaksin Covid-19

Senin, 16 Maret 2020 - 23:50 WIB
Setelah AS, Hong Kong Dilaporkan Siap Uji Klinis Vaksin Covid-19
Setelah AS, Hong Kong Dilaporkan Siap Uji Klinis Vaksin Covid-19
A A A
HONG KONG -

Otoritas Rumah Sakit Hong Kong menuturkan, petugas medis Hong Kong memulai uji klinis obat eksperimental Remdesevir. Obat ini dianggap berpotensi efektif dalam memerangi infeksi virus Corona baru, Covid-19.

"Komite Etika Klinis HA telah menyetujui uji klinis Remdesivir di rumah sakit umum di Hong Kong. Persiapan untuk uji coba telah selesai dan Rumah Sakit Princess Margaret, Rumah Sakit Prince of Wales dan Rumah Sakit Queen Mary akan mulai merekrut pasien untuk uji coba sesuai dengan itu," kata juru bicara Otoritas Rumah Sakit Hong Kong.

Melansir Tass pada Senin (16/3/2020), obat ini awalnya telah dikembangkan oleh Gilead Sciences, sebuah perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS), untuk memerangi virus Ebola dan penyakit lainnya. Petugas medis percaya itu juga bisa efektif dalam menyembuhkan infeksi Covid-19 yang baru.

Tes klinis obat ini pada pasien Covid-19 sudah berlangsung di daratan China. Hasilnya diharapkan muncul pada akhir April. Sementara itu, para ilmuwan Taiwan baru-baru ini mensintesis Remdesevir sendiri, seandainya terbukti efektif melawan virus Corona.

Sebelumnya, Otoritas kesehatan AS juga dilaporkan bersiap melakukan uji klinis untuk mengevaluasi vaksin yang dirancang sebagai pelindung terhadap virus corona jenis baru, Covid-19. Uji klinis dijadwalkan berlangsung hari Senin waktu Washington.

Laporan itu disampaikan seorang pejabat pemerintah Donald Trump yang dikutip AP dan dilansir Reuters. Laporan muncul ketika jumlah kematian di Amerika akibat pandemi Covid-19 mencapai 68 orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5690 seconds (0.1#10.140)