Anak-anak Tenggelam di Laut Yunani, Korban Pertama Krisis Migran

Selasa, 03 Maret 2020 - 08:19 WIB
Anak-anak Tenggelam di Laut Yunani, Korban Pertama Krisis Migran
Anak-anak Tenggelam di Laut Yunani, Korban Pertama Krisis Migran
A A A
LESBOS - Seorang bocah laki-laki Suriah tewas setelah perahunya tenggelam di laut dekat pulau Lesbos, Yunani. Ini menjadi korban pertama sejak Turki membuka perbatasannya pekan lalu untuk membiarkan para migran mencapai Eropa.

Secara terpisah, dua sumber keamanan Turki menyatakan seorang migran Suriah tewas akibat terluka pada Senin (2/3) setelah pasukan keamanan Yunani berupaya mencegah para migran melintas dari Turki ke Yunani, tapi Athena menyebut klaim itu berita palsu.

Lebih dari 10.000 migran, sebagian besar dari Suriah, lainnya dari negara-negara Timur Tengah dan Afghanistan, telah mencapai perbatasan darat Turki dengan negara-negara Uni Eropa (UE) seperti Yunani dan Bulgaria sejak Ankara menyatakan berhenti menahan mereka di perbatasannya.

"Lebih jauh ke selatan, sebanyak 1.000 migran telah mencapai Kepulauan Aegean, Yunani, sejak Minggu (1/3)," ungkap kepolisian Yunani.

"Ini invasi," papar Menteri Pembangunan Yunani Adonis Georgiadis pada Skai TV.

Peningkatan migran ini telah mengingatkan kenangan krisis pengungsi 2015-2016, saat lebih dari satu juta orang tiba di Eropa dari Turki.

"Kami memiliki anak empat hari tanpa makanan," ujar seorang pria yang berteriak di balik dinding kawat berduri dekat perbatasan Kastanies saat kepolisian Yunani bersiap mengusir mereka karena melanggar perbatasa. Beberapa tentara tampak memasang lebih banyak kawat berduri.

Para migran dengan bendera putih meneriakkan "Damai?"

Kantor Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyatakan dia telah membahas situasi di perbatasan dengan Presiden AS Donald Trump yang mengakui hak Yunani menegakkan hukum di perbatasan.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6605 seconds (0.1#10.140)