Iran: AS Tidak Memiliki Dasar Teken Perjanjian Mewakili Afghanistan

Minggu, 01 Maret 2020 - 23:04 WIB
Iran: AS Tidak Memiliki...
Iran: AS Tidak Memiliki Dasar Teken Perjanjian Mewakili Afghanistan
A A A
TEHERAN -

Iran menyatakan, Amerika Serikat (AS) tidak memiliki kedudukan hukum untuk menandatangani perjanjian dengan Taliban mengenai Afghanistan. Ini adalah respon atas ditekennya perjanjian damai antara AS dan Taliban, kemarin.

Kementerian Luar Negeri Iran menuturkan, mereka menyambut setiap inisiatif yang membantu mengamankan stabilitas dan perdamaian di Afghanistan. Tapi, jelasnya, itu harus dilakukan langsung antara pemerintah dan Taliban Afghanistan, dan bukan dengan AS.

"Itu hanya akan dimungkinkan melalui pembicaraan di dalam negeri dan dengan mempertimbangkan kepentingan tetangga-tetangga Afghanistan," kata kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (1/3/2020).

Sementara itu, sebelumnya Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani menyatakan menolak salah satu klausul dalam perjanjian damai antara AS dan Taliban. Klausul yang ditolak adalah Kabul harus membebaskan 5.000 tahanan Taliban.

Berdasarkan perjanjian AS dan Taliban, dikatakan hingga 5.000 anggota Taliban yang dipenjara akan dibebaskan sebagai imbalan atas pembebasan 1.000 anggota pasukan keamanan Afghanistan pada 10 Maret.

Ghani kemudian menuturkan, AS tidak memiliki wewenang untuk mengambil keputusan semacam itu. "Mereka hanyalah fasilitator," ujar pemimpin Afghanistan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)