Sah, Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Baru Malaysia

Minggu, 01 Maret 2020 - 10:09 WIB
Sah, Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Baru Malaysia
Sah, Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Baru Malaysia
A A A
KUALA LUMPUR - Politisi senior Malaysia, Muhyiddin Yassin, dilantik sebagai perdana menteri yang baru negara itu. Pelantikan itu dilakukan di tengah upaya Mahathir Mohamad menggugat penunjukan dirinya sebagai perdana menteri oleh Raja Malaysia.

Muhyiddin Yassin mengucapkan sumpah di depan Yang di-Pertuan Agung, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, pada Minggu (1/3/2020) seperti dikutip dari Free Malaysia Today.

Setelah bertemu 222 anggota parlemen dan lusinan pemimpin politik, Sultan Abdullah menyebut Muhyiddin (73) sebagai orang yang mendapatkan kepercayaan dari mayoritas anggota parlemen, sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 40 konstitusi Malaysia. (Baca: Anwar Ibrahim Gagal Jadi PM, Raja Malaysia Tunjuk Muhyiddin Yassin )

Hingga kemarin malam, tampak jelas bahwa Muhyiddin, mendapat dukungan dari sebagian besar anggota Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) serta dukungan solid dari Barisan Nasional dan PAS. GPS koalisi yang memerintah Sarawak juga mendukung mantan wakil perdana menteri yang dipecat Najib Razak pada tahun 2015 karena mempertanyakan sejumlah uang yang disetorkan kepada bosnya itu dalam skandal korupsi 1MDB.

Meski masih terjadi perdebatan terkait jumlah anggota parlemen yang mendukungnya, namun dengan disumpahnya Muhyiddin kemungkinan akan membuka lebih banyak anggota parlemen yang masuk ke dalam koalisinya.

Secara terpisah, mantan perdana menteri Mahathir Mohamad mengakui bahwa Pakatan Harapan (PH) kembali menjadi oposisi. Upaya Mahathir untuk kembali menjadi PM gagal meski telah melakukan manuver selama 11 jam bersama para pemimpin PH agar ia bisa terpilih kembali dan menghidupkan pemerintahan koalisi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5250 seconds (0.1#10.140)