Jangkiti 44 Orang, Korban Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess Jadi 218

Kamis, 13 Februari 2020 - 11:19 WIB
Jangkiti 44 Orang, Korban Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess Jadi 218
Jangkiti 44 Orang, Korban Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess Jadi 218
A A A
TOKYO - Jumlah penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang terjangkit virus Corona Covid-19 terus bertambah. Terbaru, 44 penumpang kapal yang tengah dikarantina itu dinyatakan terbukti positif terkena virus.

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato mengatakan, 44 kasus baru berasal dari 221 tes baru. Mereka meningkatkan jumlah infeksi yang terdeteksi pada kapal pesiar itu menjadi 218, selain petugas karantina yang juga dinyatakan positif virus. (Baca: Petugas Karantina Kapal Diamond Princess Terinfeksi Virus Corona )

Kato mengatakan pihak berwenang sekarang ingin memindahkan orang tua dari kapal jika hasil tes mereka menunjukkan hasil negatif. Pihaknya menawarkan mereka untuk ditempatkan di penginapan yang telah ditujuk oleh pemerintah.

"Kami ingin memulai operasi mulai besok atau nanti," kata Kato seperti dikutip dari Strait Times, Kamis (13/2/2020).

Dari infeksi yang baru didiagnosis, 43 adalah penumpang, dan satu anggota awak.

Kapal pesiar Diamond Princess lempar jangkar di Jepang sejak 3 Februari, setelah diketahui bahwa seorang mantan penumpang yang turun di Hong Kong bulan lalu telah dinyatakan positif terkena virus yang sekarang bernama Covid-19.

Kapal itu ditempatkan di karantina tak lama setelah itu dan pihak berwenang telah meminta penumpang dan awaknya untuk tetap berada di kapal sampai 19 Februari mendatang.

Mereka yang dites dinyatakan positif virus baru telah dibawa keluar dari kapal ke fasilitas medis, tetapi pertanyaan telah diajukan tentang apakah karantina di kapal berfungsi, dengan lusinan kasus baru didiagnosis hampir setiap hari.

Penumpang telah dibatasi ruang geraknya hanya pada kabin dan diminta untuk memakai masker serta menjaga jarak satu sama lain ketika mereka diizinkan keluar untuk periode singkat di geladak terbuka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7414 seconds (0.1#10.140)