Senin, Jepang Perpanjang Keadaan Darurat Virus Corona

Jum'at, 01 Mei 2020 - 06:17 WIB
loading...
Senin, Jepang Perpanjang Keadaan Darurat Virus Corona
Jepang akan memperpanjang masa keadaan darurat virus Corona awal pekan depan. Foto/USNews
A A A
TOKYO - Jepang akan memperpanjang status keadaan darurat untuk membendung penyebaran virus Corona. Begitu bunyi laporkan kantor berita NHK setelah Perdana Menteri Jeoang, Shinzo Abe mengatakan, akan sulit untuk kembali ke kehidupan sehari-hari.

Beberapa negara telah memulai kembali aktivitas bisnis setelah penutupan dan langkah-langkah social distancing untuk menahan penyebaran virus, bahkan ketika Jepang telah mengalami jauh lebih sedikit infeksi dan kematian daripada di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Tetapi pemerintah Jepang telah menyerukan kewaspadaan selama libur panjang Minggu Emas - biasanya periode puncak perjalanan - yang berlangsung hingga 6 Mei, menyerukan orang untuk tinggal di rumah dan mengurangi kontak dengan orang lain.

"Pemerintah Jepang secara resmi akan memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat pada Senin setelah mengadakan pertemuan para ahli tentang virus," lapor NHK, tanpa mengutip sumber.Keadaan darurat saat ini akan berakhir pada 6 Mei seperti dikutip dari Reuters, Jumat (1/5/2020).

Laporan ini diperkuat pernyataan sebuah sumber kepada Reuters yang menyatakan pemerintah Jepang berencana untuk memperpanjang keadaan darurat selama sekitar satu bulan.

Pada Kamis malam, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan Jepang perlu bersiap untuk pertempuran yang berlarut-larut. Ia awalnya menyatakan keadaan darurat pada 7 April untuk Tokyo dan daerah populasi utama lainnya setelah lonjakan infeksi, dan kemudian meluas ke seluruh negeri.

Keadaan darurat memberi gubernur kekuatan yang lebih besar untuk memberi tahu orang agar tetap di rumah dan meminta bisnis tutup, tetapi dalam banyak kasus tidak mewajibkan hukuman karena ketidakpatuhan, sebaliknya mengandalkan tekanan sosial dan menghormati otoritas.

Jepang telah memiliki lebih dari 14 ribu kasus yang dikonfirmasi dari virus Corona dan 436 kematian, menurut penghitungan NHK. Dari kasus yang dikonfirmasi, lebih dari 4.000 berada di Tokyo, dengan 46 kasus baru terjadi pada hari Kamis.

Tokyo telah melihat penurunan dalam kasus harian yang dilaporkan sejak mencapai puncaknya mencapai 201 pada 17 April, dengan penurunan lebih lanjut menjadi dua digit minggu ini. Tetapi Gubernur Tokyo. Yuriko Koike, telah memperingatkan warga untuk tidak berpuas diri.

Ada juga kekhawatiran bahwa rejim pengujian rendah Jepang telah memperhitungkan banyak kasus virus corona.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)