Komite DPR AS Mengancam Subpoena Mike Pompeo Soal Iran

Rabu, 15 Januari 2020 - 03:01 WIB
Komite DPR AS Mengancam Subpoena Mike Pompeo Soal Iran
Komite DPR AS Mengancam Subpoena Mike Pompeo Soal Iran
A A A
WASHINGTON - Ketua Komite Urusan Luar Negeri Departemen Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Eliot Engel mengancam subpoena Menteri Luar Negeri (Menlu) Mike Pompeo jika dia tidak memberi informasi tentang kebijakan Iran dan perintah serangan oleh Presiden Donald Trump yang menewaskan komandan militer Iran.

"Jika Menlu Pompeo tidak bekerja sama dengan komite, maka kami akan mempertimbangkan mengambil langkah lain sangat keras di masa depan, termasuk subpoena," papar Engel dalam pernyataan pembukaan pemeriksaan komite di mana Pompeo diundang untuk memberi keterangan tapi tidak hadir.

Engel menyatakan dia akan mengirim surat pada Pompeo dan Menteri Pertahanan (Menhan) Mike Esper untuk meminta informasi tentang serangan tersebut.

Komite yang dipimpin Partai Demokrat itu pekan lalu telah memanggil Pompeo untuk memberi keterangan saat anggota Kongres menekan pemerintahan Trump memberi informasi lebih banyak tentang pembunuhan terhadap komandan Iran Qassem Soleimani bulan ini.

Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menolak berkomentar. Pompeo sedang dalam perjalanan ke California.

Para pengkritik pemerintah semakin keras saat para pejabat memberi pembenaran dalam serangan itu. Trump menambah kontroversi dengan mengatakan di Twitter bahwa "itu bukan benar-benar masalah" tentang apakah Soleimani menjadi ancaman dalam waktu dekat.

Anggota DPR Mike McCaul yang memimpin Partai Republik di komite itu menyatakan pemerintah dapat mengungkap lebih banyak informasi tentang masalah itu.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6724 seconds (0.1#10.140)