Trump Mungkin Hadiri Acara Hari Kemenangan Rusia pada Mei

Sabtu, 09 November 2019 - 01:03 WIB
Trump Mungkin Hadiri Acara Hari Kemenangan Rusia pada Mei
Trump Mungkin Hadiri Acara Hari Kemenangan Rusia pada Mei
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dia sedang mempertimbangkan menghadiri acara peringatan Hari Kemenangan Rusia pada 9 Mei setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim undangan.

"Saya mengapresiasi undangan itu. Ini tepat di tengah musim politik, jadi saya akan melihat apakah saya dapat melakukannya, tapi saya akan senang pergi jika saya bisa," ungkap Trump para jurnalis sebelum meninggalkan Gedung Putih untuk mengikuti acara terkait kampanye.

Putin menggelar parade tahunan untuk mengenang kemenangan Uni Soviet pada Perang Dunia Kedua melawan Nazi Jerman tapi Kremlin menyatakan peringatan ke-75 pada tahun depan akan diperingati dengan sangat meriah.

Trump menyebutnya, "Hal yang sangat besar memperingati berakhirnya perang."

Deputi Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Ryabkov menyatakan, undangan Putin untuk Trump agar menghadiri acara Hari Kemenangan di Moskow telah diterima dengan baik tapi belum ada balasan resmi dari Gedung Putih.

Meski hubungan AS-Rusia mencapai titik terendah settelah badan intelijen AS menyimpulkan bahwa Rusia intervensi dalam pemilu presiden 2016 untuk membantu Trump, dua pemimpin terus menjaga hubungan baik.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5670 seconds (0.1#10.140)