Esper Benarkan AS Bakal Pertahankan Ladang Minyak Suriah

Sabtu, 02 November 2019 - 04:28 WIB
Esper Benarkan AS Bakal Pertahankan Ladang Minyak Suriah
Esper Benarkan AS Bakal Pertahankan Ladang Minyak Suriah
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, mengkonfirmasi bahwa Washington berencana untuk terus mengendalikan ladang minyak Suriah. AS juga akan mencegah mereka jatuh ke tangan teroris atau "aktor lain."

"Misinya adalah, seperti yang saya sudah bicarakan dan saya sudah menyampaikannya kepada komandan, dan itu adalah, kita akan mengamankan ladang minyak untuk menolak akses mereka ke ISIS dan aktor lain di wilayah ini, dan untuk memastikan bahwa (Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi) telah melanjutkan akses, karena sumber daya itu - penting, dan agar SDF - dapat melakukan misinya, apa yang perlu dilakukan di kawasan itu," kata Esper, berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (2/11/2019).

Pernyataannya itu dipublikasikan dalam transkrip di situs Departemen Pertahanan AS.

Diminta untuk mengomentari apa yang dimaksud Presiden Trump dengan pernyataan berulangnya tentang perlunya untuk 'mengambil' dan 'menyimpan' minyak Suriah, Esper mengatakan bahwa dia menafsirkan sentimen presiden sebagai kebutuhan untuk menolak akses ISIS ke ladang-ladang minyak; mengamankan mereka sehingga mereka tidak diberi akses ke ladang minyak.

Upaya AS untuk menguasai ladang minyak Suriah telah dikritik oleh Suriah dan sekutunya. Pekan lalu, militer Rusia mempresentasikan materi intelijen dengan skema penyelundupan minyak senilai USD30 juta per bulan yang digunakan oleh Pentagon dan CIA yang oleh Moskow disebut sebagai "bandit negara internasional".

Menurut intelijen Rusia, ekstraksi ilegal minyak Suriah yang diawasi AS sedang dilakukan oleh "perusahaan-perusahaan Amerika terkemuka" dan kontraktor militer swasta, dengan pasukan khusus AS dan kekuatan udara yang digunakan untuk perlindungan. (Baca juga: Rusia Rilis Foto Satelit Bukti AS Selundupkan Minyak Suriah )

Pada hari Kamis, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan bahwa terlepas dari "tindakan kriminal" AS, Presiden Trump mungkin benar-benar menjadi presiden AS terbaik dalam memori baru-baru ini sejauh menyangkut Damaskus.

“Dia adalah yang terbaik bukan karena kebijakan yang baik, tetapi karena dia yang paling transparan, dia berbicara langsung, (mengatakan) 'kita perlu minyak', 'kami ingin menyingkirkan seseorang', 'kami ingin bertukar bantuan untuk uang. Begitulah kebijakan AS. Apa yang bisa lebih baik daripada musuh yang jujur?” kata Assad.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7126 seconds (0.1#10.140)